Share This Post

Informasi & Teknologi

Siapa Itu “Ibu Pertiwi” ?

Siapa Itu “Ibu Pertiwi” ?

Indonesia PusakaIsmail Marzuki
Indonesia tanah air beta Pusaka abadi nan jayaIndonesia sejak dulu kalaTetap di puja-puja bangsa
Di sana tempat lahir betaDibuai dibesarkan bundaTempat berlindung di hari tuaTempat akhir menutup mata
Sungguh indah tanah air betaTiada bandingnya di duniaKarya indah Tuhan Maha KuasaBagi bangsa yang memujanya
Indonesia ibu pertiwiKau kupuja kau kukasihiTenagaku bahkan pun jiwakuKepadamu rela kuberi

Selama ini kita sering mendengar istilah Ibu Pertiwi, Negara ini pun sering disebut sebagai Ibu Pertiwi, bahkan ada lagu tentang Ibu Pertiwi. Tapi tahu kah kalian siapa itu Ibu Pertiwi ?

Siapa Itu 'Ibu Pertiwi" ?

Ibu Pertiwi merupakan PERSONIFIKASI bangsa Indonesia, sebuah perwujudan tanah air Indonesia, tanah tumpah darahku, tempat berlindung, tanah yang suci, tanah yang sakti, hutan gunung sawah dan lautan, simpanan kekayaan. Sang Ibu Pertiwi menjadi sosok seorang ibu yang dicintai, ibu yang membuai dan membesarkan anak anaknya, yang dapat bersedih hati, bersusah hati, berlinangan air mata

, merintih dan berdoa, bergembira, dan tempat untuk berbhakti dan mengabdi. 

Semua warga bangsa Indonesia adalah anaknya, anak bangsa atau putra kesayangannya. Karena ini adalah konsep nasional, maka makna konteksnya berbicara mengenai konsep kenegaraan. Indonesia adalah Indonesia dan konsep ini terserap dan diartikan bermakna khusus dalam alam perjuangan nasional Indonesia. 

Lalu darimana asal usul istilah Pertiwi tersebut

Pertiwi (Sanskerta: pṛthvī, atau juga pṛthivī) adalah Dewi dalam agama Hindu dan juga “Ibu Bumi” (atau dalam bahasa Indonesia “Ibu Pertiwi”). Sebagai pṛthivī matā “Ibu Pertiwi” merupakan lawan dari dyaus pita “Bapak Angkasa”. 


Dalam Rgveda, Bumi dan Langit seringkali disapa sebagai pasangan, mungkin hal ini menekankan gagasan akan dua paruh yang saling melengkapi satu sama lain.


Pertiwi juga disebut Dhra, Dharti, Dhrthri, yang artinya kurang lebih “yang memegang semuanya”. Sebagai Prthvi Devi, ia adalah salah satu dari dua sakti Batara Wisnu. Sakti lainnya adalah Laksmi.

Prthvi adalah bentuk lain Laksmi. Nama lain untuknya adalah Bhumi atau Bhudevi atau Bhuma Devi. 


article src: kaskus.compemulutan.ga

Tinggalkan Komentar