Share This Post

Informasi & Teknologi

“Hari Besar Pramuka Tidak Hanya 14 Agustus”

“Hari Besar Pramuka Tidak Hanya 14 Agustus”

Bone – Perlu diketahui bahwa ternyata hari besar Gerakan Pramuka tidak hanya tanggal 14 Agustus. Hal ini diungkapkan oleh Kak Basrol,S.Pd, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Cabang (Kapusdiklatcab) ketika memberikan materi pada kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tanete Riattang Barat, Sabtu (04/11/17).

Di hadapan peserta yang berjumlah 79 orang, Kapusdiklatcab itu mengungkapkan bahwa setidaknya ada 4 hari besar yang harus diketahui oleh setiap anggota Gerakan Pramuka. Pertama, Hari Tunas Gerakan Pramuka tanggal 9 Maret 1961. Ini merupakan hari di mana Presiden Soekarno memberikan pidato presiden/ Mandataris MPRS sebagai ide pertama untuk memulai kegiatan kepanduan di Indonesia.

Kedua, Hari Permulaan Tahun kerja tanggal 20 Mei 1961, yang bertepatan dengan ide Presiden Soekarno yang dituangkan dalam Surat Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 2238 Tahun 1961. Ketiga, Hari Ikrar Gerakan Pramuka tanggal 30 Juli 1961. Pada tanggal ini, setiap organisasi-organisasi kepanduan yang ada di Indonesia menyatakan sikap melebur dalam organisasi Gerakan Pramuka. Terakhir, Hari Pramuka tanggal 14 Agustus 1961, yang dilaksanakan pelantikan Majelis Pimpinan Nasional (MAPINAS), Kwartir Nasional (Kwarnas), Kwarnari di Istana Negara dan didahului dengan penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka yang diterima langsung oleh Sri Sultan Hamengkubuwono Ke-IX selaku Ketua Kwarnas Pertama.

Lebih lanjut, pria yang biasa disapa Kak Basrol memaparkan, para Pramuka baik itu yang ada di tingkat kwartir dan gugus depan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru tersebut kepada setiap anggota Gerakan Pramuka.

Tinggalkan Komentar