Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Kwarran Gerakan Pramuka Barebbo Bone Laksanakan KML, Apa Sasarannya?

Kwarran Gerakan Pramuka Barebbo Bone Laksanakan KML, Apa Sasarannya?

BONE – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Barebbo melaksanakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Golongan Penggalang pada 7-13 Mei 2018 di aula SMPN 1 Barebbo Kel. Apala Kec. Barebbo, Bone. Kegiatan ini diikuti sebanyak 41 orang.

Saat dikonfirmasi, Kak Muhammad Darwis selaku Ketua Kwarran Barebbo mengungkapkan bahwa kegiatan KML merupakan salah satu program kerja dari Kwarran Barebbo. Kegiatan KMD adalah salah satu jenjang kursus yang disediakan oleh Gerakan Pramuka. Salah satu tujuannya adalah untuk memberikan bekal pengetahuan lanjutan dan pengalaman praktis membina pramuka melalui kepramukaan dalam pasukan penggalang.

Ada berbagai sasaran yang ingin dicapai oleh peserta selepas mengikuti kegiatan KML ini, di antaranya adalah pertama, menjelaskan apa, mengapa, bagaimana sasaran dan tujuan kepramukaan serta perkembangannya. Kedua, menerapkan secara efektif dan efisien dalam membina Pramuka atas dasar Tri Satya dan Dasa Darma. Ketiga, menerapkan pendidikan kepramukaan melalui Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan secara progresi.

Keempat, membina dan mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial sesuai dengan golongannya sehingga dia mampu berperan positif dalam masyarakat serta lingkungannya. Kelima, menerapkan sistem among dan prinsip dasar kepramukaan serta kode kehormatan pramuka dalam hidup bermasyarakat sehingga dirinya menjadi panitan peserta didik dan masyarakatnya

“Semoga kegiatan KML golongan penggalang yang dilaksanakan oleh Kwartir Ranting Barebbo dapat memberikan manfaat yang berlebih bagi proses pembinaan dan pendidikan kepramukaan,” ungkap pria yang biasa disapa Kak Darwis ini.

Tinggalkan Komentar