Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Kwarran Tanete Riattang Barat Adakan Kursus Mahir Dasar

Kwarran Tanete Riattang Barat Adakan Kursus Mahir Dasar

Bone – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tanete Riattang Barat kembali melaksanakan pendidikan kepramukaan bagi orang dewasa. Kegiatan yang dimaksud adalah pelaksanaan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Mahir Dasar (KMD) yang diikuti oleh 70 orang, baik itu unsur majelis pembimbing maupun pembina yang berada di gugus depan  se-Kecamatan T. R. Barat.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 72 jam. Rinciannya, minggu pertama dilaksanakan pada hari Jum’at-Sabtu, 3-5 November. Kemudian, dilanjutkan dengan minggu kedua pada pada hari Jum’at-Sabtu, 10-12 November dengan sistem perkemahan (out door).

Saat dikonfirmasi, Kak H. Ahmad Jayani, S.Pd., M.Pd.LT selaku Ketua Kwartir Ranting mengungkapkan, KMD merupakan kursus kepramukaan yang diberikan kepada siapa saja yang berkeinginan untuk mengembangkan minat dan bakatnya, khususnya terkait dengan pembinaan kepramukaan yang ada di gugus depan. Adapun materi yang diberikan adalah dasar kepramukaan, di antaranya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, Kepramukaan, Prinsip Dasar Kepramukaan (PDK), Metode Kepramukaan dan berbagai materi dasar lainnya.

Selepas mengikuti kegiatan ini, para peserta akan mendapatkan Ijasah KMD sebagai bukti telah ikut serta kegiatan KMD. Setelah ini mereka akan melaksanakan kegiatan pengembangan di gugus depan minimal 6 bulan sebagai syarat untuk melanjutkan pendidikan kepramukaan ke jenjang berikutnya, yakni Kursus Pembinan Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML).

“Tentu kami berharap para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian pelaksanaan KMD Tahun 2017. Semoga memberikan manfaat dan menambah wawasan kepada para peserta khususnya yang terkait dengan proses pembinaan dan pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di gugus depan,” ungkap Kak H. Ahmad Jayani.

Tinggalkan Komentar