Share This Post

Regional

Tujuan Pelaksanaan KLKP GT Tahun 2018 Pramuka Universitas Hasanuddin

Tujuan Pelaksanaan KLKP GT Tahun 2018 Pramuka Universitas Hasanuddin

Makassar, Sulawesi Selatan (ISJ)–Gerakan Pramuka sebagai salah satu organisasi pendidikan non formal bertujuan untuk membina generasi muda dan senantiasa berupaya meningkatkan mutu kegiatan sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi angggota pramuka baik untuk dirinya sendiri dan masyarakat.

Pendidikan kepramukaan diselenggarakan sebagai bentuk dan jenis kegiatan yang mengarah kepada pembentukan pribadi yang didasari iman dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mempunyai kreativitas tinggi dalam melahirkan kader-kader yang handal dan profesional.

Hal inilah yang disampaikan oleh Kak Bambang selaku Sangga Kerja Kegiatan Kemah dan Lomba Kreativitas Pramuka Tingkat Penggalang Penegak (KLKP GT) tahun 2018 Gerakan Pramuka Universitas Hasanuddin ketika dikonfirmasi beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa mengacu pada upaya merealisasikan tercapainya tujuan tersebut maka Dewan Racana Gugus Depan 11.075-11.076 yang berpangkalan di Kampus Universitas Hasanuddin melaksanakan kegiatan KLKP GT Tahun 2018.

“Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta pramuka dalam pengembangan dan pembinaan peserta didik Gerakan Pramuka sebagai Pengemban Tri Bina (Bina Diri, Bina Satuan serta Bina Masyarakat) Serta Tri Darma Perguruan Tinggi”

“Sedangkan Secara khusus, kegiatan KLKP GT Tahun 2018 Racana Universitas Hasanuddin ini terdiri atas 7 poin yakni:

Pertama, Memperkenalkan Sulawesi Selatan pada umumnya dan Kota Makassar pada khususunya sebagai wilayah yang memiliki keanekaragaman seni, budaya, adat istiadat dan sebagai salah satu kota terpelajar di Indonesia.

Kedua, Memperkenalkan Universitas Hasanuddin dan Racana Putra-Putri Hasanuddin kepada segenap pramuka Penggalang dan Penegak yang ada di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Ketiga, Mensosialisasikan kegiatan kepramukaan secara khusus sesui dengan Undang-Undang No. 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Keempat, Mengembangkan wawasan dan apresiasi anggota pramuka yang bersifat edukatif, inovatif dan kreatif.

Kelima, Memberikan gambaran kepada anggota Pramuka tentang dunia luar yang bersifat eksplisit progresif yang menunjang kualitas anggota Gerakan Pramuka di masa yang akan datang.

Keenam, Menumbuhkan semangat Dasa Darma antar anggota Gerakan Pramuka dalam ruang lingkup interaksi dan suasana kultural yang diferensiasi masyarakat Se-Sulawesi

Dan Ketujuh, Meningkatkan peran serta Pramuka Perguruan Tinggi terutama dalam peningkatan kualitas anggota pramuka putra-putri Hasanuddin melalui Tri Bina serta Pengaktualisasian Tri Darma Perguruan Tinggi melalui wadah Gerakan Pramuka”

Kegiatan KLKP GT Tahun 2019 Racana Universitas Hasanuddin Rencananya akan digelar pada tanggal 23-27 Oktober 2018 bertempat di Bumi Perkemahan Caddika, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini akan diikuti oleh Pramuka Penggalan dan Pramuka Penegak Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Se-SulselBar) yang terdiri atas 10 Orang Putra dan 10 Orang Putri dari setiap perwakilan gugus depan (Kak Sakti)

Tinggalkan Komentar