Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Regu Pasti MTsN Tanjung Laksanakan Uji Keterampilan Semaphore

Regu Pasti MTsN Tanjung Laksanakan Uji Keterampilan Semaphore

Tanjung – MTsN Tanjung. Enam belas orang anggota pramuka regu Pasukan Inti (Pasti) MTsN Tanjung melaksanakan uji ketangkasan dan keterampilan sandi semaphore di halaman utama madrasah, Jumat (27/01/17) sore.

Pelatih Pramuka Bambang Hermanto dan didampingi Pembina Pramuka Eri Ernawati, S.Pd menjelaskan selain menguji ketangkasan regu Pasti kelas VIII latihan tersebut merupakan bekal sebagai persiapan untuk lomba maupun event-event pramuka yang akan datang.

Bambang mengungkapkan pasukan Inti merupakan pasukan khusus di Pramuka dan merupakan ujung tombak. “Pasti harus mempunyai wawasan yang luas dan keterampilan yang banyak,” ungkapnya.

Uji keterampilan sandi semaphore kepada regu Pasti dilakukan setelah berakhirnya kegiatan Pramuka kelas VII yang dalam pelaksanaanya tiap anggota diperintahkan berbaris berhadapan dengan dikomando pelatih semua anggota regu Pasti diminta memperagakan gerakan semaphore dari abjad A sampai dengan abjad Z kemudian setiap anggota diuji melakukan semaphore dengan abjad yang diacak dan melalukan pengiriman pesan melalui semaphore.

Salah seorang anggota Regu Pasti Putri Cahyani mengatakan semaphore merupakan salah satu sandi Pramuka yang sangat penting selain sandi angka, morse dan lainnya. “Pada saat diuji saya diminta pelatih memperagakan gerak dari kalimat yang diperintahkan,” pungkasnya. (Fazri)

Tinggalkan Komentar