Share This Post

Luar Negeri / Penataan Organisasi dan SDM

Ratusan Pramuka Ikuti JOTA JOTI Internasional

Ratusan Pramuka Ikuti JOTA JOTI Internasional

Banjarnegara – Ratusan Anggota Pramuka penggalang, Penegak dan Pandega perwakilan pangkalan se Kabupaten Banjarnegara mengikuti Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI) internasional Pangkalan kwarcab Banjarnegara.

Ketua Panitia Kegiatan Dwi Budi Haryanto mengatakan, Kegiatan JOTA JOTI merupakan agenda rutin tahunan yang merupakan ajang silaturahmi dan berkumpulnya pramuka se Nusantara dan Internasional lewat media udara dan internet. “kegiatan ini sangat menarik dan ditunggu tunggu oleh pramuka, bahkan beberapa personel rela mengantri untuk mendapatkan member Jota dan Joti” paparnya.

Seperti tahun sebelumnya, kegiatan JOTA JOTI didukung sepenuhnya oleh ORARI lokal Banjarnegara yang merupakan media atau fasilitator sekaligus mewadahi seluruh kegiatan, baik peralatan, personel, materi hingga reward dan hadiah bagi peserta.

Dengan didukung peralatan canggih, peserta dimanjakan dengan komunikasi lintas pramuka Nasional hingga tembus ke berbagai negara seperti malaysia, singapura hingga india dan filiphina.

Ketua Kwarcab Banjarnegara Setiawan berharap, ajang JOTA JOTI dapat mengasah kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi, menyampaikan pesan hingga penggunaan Internet secara bijak. “ini merupakan era millenial dimana Pramuka harus pandai masuk disegala segmentasi dengan lugas, santun, mampu menyaring informasi serta menempatkan sesuatu pada tempat yang pas” paparnya.

Lewat kegiatan tersebut selain menambah kekayaan ilmu dalam bidang komunikasi, juga diharapkan mampu menjadi wahana silaturahmi via udara dan dunia maya.

Sebelum melaksanakan komunikasi, peserta terlebih dahulu diberikan materi seperti dasar JOTA JOTI, penggunan radio, Roll call radio, morse, teknik penyampaian pesan, emergency respon, login internet dan orientasi peralatan. Selain itu juga diberikan materi jurnalistik sebagai sarana untuk penulisan bahasa di dunia maya.

44506928_1913869821999965_8220386221348618240_n.jpg

Tinggalkan Komentar