Share This Post

Kerelawanan

Sebarkan Pesan Perdamaian, Peserta Scout Journey Ke-13 Kunjungi Kota Klaten

Sebarkan Pesan Perdamaian, Peserta Scout Journey Ke-13 Kunjungi Kota Klaten

Kali ini Project Scout Journey for Peace Batch II generasi ke-13 melakukan perjalanan dari Cirebon – Klaten pada tanggal 1 – 2 September 2018. Kegiatan SJFP ini diikuti oleh 8 anggota Gerakan Pramuka dan non-Pramuka dari Kuningan dan Cirebon. Rute ini ditempuh perjalanan 6 jam dari Cirebon menuju Klaten untuk menyebarkan pesan-pesan perdamaian kepada penumpang kereta api baik di dalam gerbong maupun stasiun kereta api dengan berbagai kegiatan sosial dan pengabdian kepada masyarakat.

Selama kegiatan, peserta SJFP akan melakukan kegiatan Dialog for Peace / mengajak penumpang untuk berdiskusi dan mengkampanyekan perdamaian. Tidak kalah penting Pramuka sebagai perekat NKRI juga akan mengajak masyarakat untuk Stop Terorisme, Stop Radikalisme dan Stop Hoax. Selama di tempat tujuan di Klaten, peserta akan mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Candi Sojiwan, Museum Gula dan Pemandian Ponggok kegiatan tersebut guna memupuk kecintaan terhadap bangsa Indonesia dengan mengenalkan kepada peserta tentang sejarah bangsa Indonesia.

img_20180902_120944.jpg

Sebelum melakukan perjalanan, peserta SJFP bersinggah di Universitas Widya Dharma Klaten. Selama di kampus Unwidha mereka saring tentang kegiatan Messenger Of Peace dan SJFP ke anggota Racana Yogi Praja Parang Garuda. Keesokan harinya peserta SJFP melakukan perjalanan ke tempat wisata Umbul Ponggok yang terletak di Desa. Ponggok, Kec. Polanharjo.

“Perasaannya senang, nyelam walaupun tadi ada hal lucu yang kita alami tapi luar biasa tidak ada kolam yang dangkal, dalam semua dan harus mencoba menyelam dan pertama kalinya menggunakan alat nyelam. Rekomendasi banget buat berlibur diakhir depan,” ujar Kak Wildan Peserta SJFP dari Kab. Kuningan.

Setelah puas berkunjung ke Umbul Ponggok peserta diajak ke museum gula Gondang Winangoen, Jogonalan, Klaten. Disana peserta seluruhnya mempelajari sejarah tentang pembuatan gula dan prosesnya setelah itu mereka berkunjung ke Perpustakaan Untuk mempelajari sejarah Pabrik Gula Gondang Winangoen dan berbincang dengan penjaga perpustakaan setelah itu salah satu peserta menghadiahkan kepada penjaga perpustakaan cek kesehatan gratis.

“Luar biasa sekali tentunya banyak pelajaran sejarah tentang gula pokoknya sungguh luar biasa sekali sejarah tebu di masa lampau,” ujar Kak Imam Peserta SJFP dari Kab. Kuningan.

IMG_20180903_234014_594.jpgIMG-20180906-WA0003.jpg

Setelah ini perjalanan menuju ke Candi Sojiwan yang terletak di Kec. Prambanan, Kab. Klaten di sana seluruh peserta melakukan aksi yaitu menghibur pengunjung wisata, melakukan kampaye perdamaian dan aksi bersih lingkungan dan tidak lupa sesi Foto Bersama. “Jujur aku pertama kali masuk ke candi ini dan sungguh aku tergagum-kagum dengan candinya, aku kira candi ini tidak ada di klaten eh tau taunya ada dan rasanya exciting, wow amazing,” ujar Kak Dinda Peserta SJFP.

img_20180902_111720.jpg‚ÄĆKegiatan SJFP angkatan 13 banyak mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti PT Kereta Api Indonesia yang memberikan Souvenir untuk Peserta dan Penumpang yang beruntung, Harian Umum Fajar Cirebon yang sejak 2015 yang lalu menjadi media publikasi kegiatan Messengers of Peace Jawa Barat, dan juga support dari Peace Generation Indonesia yg memberikan dukungan media board game for peace sebagai media pembelajaran tentang nilai-nilai Perdamaian.

“Pokoknya itu menyenangkan sekali mengapa karena tidak semua orang bisa merasakan seperti ini kita bisa belajar budayanya, mengatur waktu dan kita tidak akan melupakan sejarahnya,” ujar Kak Dinda Peserta SJFP.

Tinggalkan Komentar